“HEAD TURN WITH ANTICIPATION”
Tujuan
1. Mahasiswa dapat mengetahui teknik membuat animasi head turn anticipation.
2.
Mahasiswa membuat animasi
kepala menoleh dengan antisipasi (head turn with anticipation).
Alat dan Bahan
1. Pc atau laptop
2. Software pencil2D
3. Wacom intuos3
Dasar Teori
Berikut
adalah beberapa dasar teori yang dapat diterapkan untuk membuat animasi
tersebut
1. Anticipation
Anticipation adalah persiapan sebelum aksi, yang diikuti oleh
sebuah aksi kemudian penyelesaian aksi tersebut. Hal ini dapat membangkitkan
ketegangan atau kelucuan pada suatu aksi tertentu atau lebih mudahnya
anticipation itu sebuah gerakan yang berupa sebuah gerak persiapan sebelum
pergerakan dilakukan atau istilahnya ancangancang, seperti tokoh yang bangkit
dari duduk harus membungkukkan badannya terlebih dahulu sebelum benar-benar
berdiri atau pada gerakan memukul, sebelum tangan maju harus ada gerakan mundur
dulu atau sejenisnya. Dalam hal ini tokoh kartun dibuat agar tampak realistis
bahwa sebelum bergerak sang tokoh harus bersiapsiap terlebih dahulu.
Kartun-kartun klasik seperti popeye the sailor sering kali melakukan hal ini
sebelum sang tokoh berlari.Gerakan antisipasi bertujuan agar penonton memahami
apa yang akan terjadi berikutnya, jadi tidak langsung membuat orang tersebut
misalnya tercebur ke kolam renang atau jatuh terpeleset atau meninju orang
tanpa penonton tau apa penyebabnya. ini yang kadang dilupakan oleh orang-orang
jadi seakan-akan penonton telah memahami jalan pikiran sang animator, sehingga
film yang dilakukan tanpa adanya anticipation terdapat banyak keganjilan dan
keanehan karena sang animator tidak begitu memahami akan prinsip ini.
ad turm anticipation (http://misscaptainalex.wordpress.com) |
2. Timing and Spacing
Timing berhubungan dengan durasi atau jumlah
frame yang diperlukan oleh sebuah action. timing yang tepat akan membuat sebuah
action tampil meyakinkan. berikut adalah penjelasan singkat tentang animasi
yang menggunakan timing yang tepat versus animasi dengan timing yang kurang
pas.
Sedangkan
spacing berhubungan dengan kecepatan sebuah benda. apakah benda tersebut
memiliki kecepatan konstan atau dipercepat atau diperlambat atau kombinasi
dipercepat dan diperlambat.
berikut
adalah variasi-variasi spacing dalam proses pembuatan animasi.
3. Arcs
Arcs
artinya lengkungan. secara umum, di dunia nyata, hampir tidak ada gerakan lurus
atau diagonal sempurna. semuanya ada lengkungannya.
Gunakan prinsip-prinsip tersebut untuk
memaksimalkan hasil animasi kalian.
Langkah
Percobaan
1.
Buka software pencil 2D pada Laptop/PC anda.
3.
Klik dua kali pada bitmap layer sebagai kertas
untuk menggambar.
4.
Kemudian gunakan add frame(+) untuk menambah
layer.
5.
Gambar garis untuk membuat lantai.
6.
Pada frame baru, gambar objek per frame sampai
gerakannya terlihat seperti nyata.
7.
Untuk mengujinya klik loop kemudian klik tombol
play. Jika terdapat bayangan saat menguji, silahkan tekan onion skin previous
frame atau onion skin next frame untuk menghilangkan bayangan tersebut.
8.
Untuk mengekspor ke dalam format FlashSWF, Klik
menu Export file > FlashSWF> OK
Hasil
Percobaan
Kesimpulan
Prinsip animasi yang digunakan untuk
praktikum kali ini adalah timing, spacing, arc, dan anticipation.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar