Minggu, 12 Oktober 2014

PRAKTIKUM 6.2

"WALK CYCLE"
TUJUAN

1. Mahasiswa dapat memahami dasar dasar animasi 2D
2. Mahasiswa dapat membuat animasi 2D
3. Mahasiswa dapat membuat animasi Walk Cycle

ALAT DAN BAHAN

1. PC / Laptop
2. Wacom Intuos3
3.Software Pencil 2D

DASAR TEORI
1. Pose to pose
Pose to pose merupakan penentuan key animation dan in between dalam sebuah pergerakan animasi dari pose awal hingga pose akhir dan nantinya akan berlanjut pada pose berikutnya.


2. Timing dan Spacing

Timing adalah pengaturan waktu tentang sebuah gerakan yang akan dilakukan. dan spacing adalah pengaturan tentang berapa lama waktu yang dipakai pada sebuah gerakan.


Berikut ini macam macam timing pada bola :




3. Arcs

Arcs adalah pemberian unsur melengkung pada sebuah gerakan agar terlihat lebih natural dan realistik.



4. Solid Drawing

Kemampuan menggambar yang stabil dan memahami perspektif sangat diperlukan karena diharuskan untuk menggambar tokoh dalam segala sudut secara berulang-ulang.


5. Anticipation


Anticipation adalah sebuah gerakan yang dilakukan sebagai awal atau ancang-ancang sebelum melakukan gerakan yang dimaksud.




LANGKAH PERCOBAAN
1.     Buka software pencil 2D pada Laptop/PC anda.
2.     Pada pencil 2D, pilih pencil tool untuk memulai menggambar.
3.     Ubah FPS menjadi 24.
4.     Klik dua kali pada bitmap layer sebagai kertas untuk menggambar.
5.     Kemudian gunakan add frame(+) untuk menambah layer.
6.     Gambar garis untuk membuat lantai.
7.     Pada frame baru gambar lintasan untuk pinggang dan kepala seperi gambar berikut


8.     Pada frame baru, gambar objek per frame sampai gerakannya terlihat seperti nyata.
9.     Untuk mengujinya klik loop kemudian klik tombol play. Jika terdapat bayangan saat menguji, silahkan tekan onion skin previous frame atau onion skin next frame untuk menghilangkan bayangan tersebut.
10.  Untuk mengekspor ke dalam format FlashSWF, Klik menu Export file > FlashSWF> OK

HASIL PERCOBAAN


KESIMPULAN
          Animasi walk cycle membutuhkan dua lintasan untuk pinggang dan kepala. Pada animasi ini menggunakan prinsip-prinsip animasi arc, pose to pose, timing and spacing, solid drawing. Dan anticipation.

REFERENSI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar