“CHARACTER THINKING”
Tujuan
1. Mahasiswa dapat mengetahui teknik membuat animasi Thinking.
2. Mahasiswa membuat animasi seperti berikut.
Alat dan Bahan
1. Pc atau laptop
2. Software pencil2D
3. Wacom intuos3
Dasar Teori
Berikut
adalah beberapa dasar teori yang dapat diterapkan untuk membuat animasi
tersebut
1. Pose to pose
Pose to pose merupakan penentuan key animation dan in
between dalam sebuah pergerakan animasi dari pose awal hingga pose akhir dan
nantinya akan berlanjut pada pose berikutnya.
2. Timing dan Spacing
Timing adalah pengaturan waktu tentang sebuah gerakan
yang akan dilakukan. dan spacing adalah pengaturan tentang berapa lama waktu
yang dipakai pada sebuah gerakan.
Berikut ini macam macam timing pada bola :
3. Solid drawing
Kemampuan menggambar yang stabil dan memahami
perspektif sangat diperlukan karena diharuskan untuk menggambar tokoh dalam
segala sudut secara berulang-ulang.
4. Anticipation
Anticipation adalah sebuah gerakan yang dilakukan
sebagai awal atau ancang-ancang sebelum melakukan gerakan yang dimaksud.
Langkah
Percobaan
1.
Buka software
pencil 2D pada Laptop/PC anda.
2.
Pada pencil 2D,
pilih pencil tool untuk memulai menggambar.
3.
Ubah FPS menjadi
24.
4.
Klik dua kali
pada bitmap layer sebagai kertas untuk menggambar.
5.
Kemudian gunakan
add frame(+) untuk menambah layer.
6.
Gambar objek per
frame sampai gerakannya terlihat seperti nyata.
7.
Untuk mengujinya
klik loop kemudian klik tombol play. Jika terdapat bayangan saat menguji,
silahkan tekan onion skin previous frame atau onion skin next frame untuk
menghilangkan bayangan tersebut.
8.
Untuk mengekspor
ke dalam format FlashSWF, Klik menu Export
file > FlashSWF> OK
Hasil
Percobaan
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar