“CHARACTER BLINKING”
Tujuan
1. Mahasiswa dapat mengetahui teknik membuat animasi character blink.
Alat dan Bahan
1. Pc atau laptop
2. Software pencil2D
3. Wacom intuos3
Dasar Teori
Berikut
adalah beberapa dasar teori yang dapat diterapkan untuk membuat animasi
tersebut
1. Anticipation
Anticipation adalah
persiapan sebelum aksi, yang diikuti oleh sebuah aksi kemudian penyelesaian
aksi tersebut. Hal ini dapat membangkitkan ketegangan atau kelucuan pada suatu
aksi tertentu atau lebih mudahnya anticipation itu sebuah gerakan yang berupa
sebuah gerak persiapan sebelum pergerakan dilakukan atau istilahnya
ancangancang, seperti tokoh yang bangkit dari duduk harus membungkukkan
badannya terlebih dahulu sebelum benar-benar berdiri atau pada gerakan memukul,
sebelum tangan maju harus ada gerakan mundur dulu atau sejenisnya. Dalam hal
ini tokoh kartun dibuat agar tampak realistis bahwa sebelum bergerak sang tokoh
harus bersiapsiap terlebih dahulu. Kartun-kartun klasik seperti popeye the
sailor sering kali melakukan hal ini sebelum sang tokoh berlari.Gerakan
antisipasi bertujuan agar penonton memahami apa yang akan terjadi berikutnya,
jadi tidak langsung membuat orang tersebut misalnya tercebur ke kolam renang
atau jatuh terpeleset atau meninju orang tanpa penonton tau apa penyebabnya.
ini yang kadang dilupakan oleh orang-orang jadi seakan-akan penonton telah
memahami jalan pikiran sang animator, sehingga film yang dilakukan tanpa adanya
anticipation terdapat banyak keganjilan dan keanehan karena sang animator tidak
begitu memahami akan prinsip ini.
2. Timing and Spacing
Timing berhubungan dengan durasi atau jumlah
frame yang diperlukan oleh sebuah action. timing yang tepat akan membuat sebuah
action tampil meyakinkan. berikut adalah penjelasan singkat tentang animasi
yang menggunakan timing yang tepat versus animasi dengan timing yang kurang
pas.
Sedangkan
spacing berhubungan dengan kecepatan sebuah benda. apakah benda tersebut memiliki
kecepatan konstan atau dipercepat atau diperlambat atau kombinasi dipercepat
dan diperlambat.
3. Arcs
Arcs
artinya lengkungan. secara umum, di dunia nyata, hampir tidak ada gerakan lurus
atau diagonal sempurna. semuanya ada lengkungannya.
Pada
kasus bouncing ball across screen, lintasannya akan membentuk lengkungan
sebagai berikut
Types of
blinks
1) Regular blink
Closing lids (2 frames) hold eyes closed (1 frame)
opening lids (3 frames).
uses:
·
Staring
·
Head movement
·
Character is bored
·
Keeping the character
alive
2) Fast blink
Closing lids (2 frames) opening lids (3 frames)
uses:
·
Character is anxious
·
Something went past the
character’s face
·
Character is angry
3) Long blink
Closing lids (3 frames) hold eyes closed (2 frames)
opening lids (4 frames)
uses:
·
Long head movement
·
Thought change
4) Eye batting
Close lids 3/4 (1 frame) opening lids (2)
uses:
·
Flirting
Langkah
Percobaan
1.
Buka software pencil 2D pada Laptop/PC anda.
2.
Pada pencil 2D, pilih pencil tool untuk memulai
menggambar.
3.
Klik dua kali pada bitmap layer sebagai kertas
untuk menggambar.
4.
Kemudian gunakan add frame(+) untuk menambah
layer.
5.
Gambar garis untuk membuat lantai.
6.
Pada frame baru, gambar objek per frame sampai
gerakannya terlihat seperti nyata.
7.
Untuk mengujinya klik loop kemudian klik tombol
play. Jika terdapat bayangan saat menguji, silahkan tekan onion skin previous
frame atau onion skin next frame untuk menghilangkan bayangan tersebut.
8.
Untuk mengekspor ke dalam format FlashSWF, Klik
menu Export file > FlashSWF> OK
Hasil
Percobaan
Revisi
1. Regular Blink
2. Fast Blink
3. Long Blink
4. Eye Batting
Kesimpulan
Blinking mempunyai 4 tipe yaitu Regular Blink, Fast Blink, Long blink, Eye blink. Pada percobaan blinking menggunakan prinsip Timing and spicing, Anticipation, dan arc.
Blinking mempunyai 4 tipe yaitu Regular Blink, Fast Blink, Long blink, Eye blink. Pada percobaan blinking menggunakan prinsip Timing and spicing, Anticipation, dan arc.
Referensi
http://www.bloopanimation.com/blinking-animation/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar