Jumat, 26 September 2014

PRAKTIKUM 4

“HEAD TURN”
Tujuan
1.    Mahasiswa dapat mengetahui teknik membuat animasi head turn.
2.   Mahasiswa dapat menghasilkan animasi kepala menoleh sederhana.
3.   Mahasiswa dapat mengaplikasikan prinsip animasi dalam membuat animasi kepala menoleh sederhana.

Alat dan Bahan
1.    Pc atau laptop
2.    Software pencil2D
3.    Wacom intuos3

Dasar Teori
        Berikut adalah beberapa dasar teori yang dapat diterapkan untuk membuat animasi tersebut
1.     Timing and Spacing
Timing berhubungan dengan durasi atau jumlah frame yang diperlukan oleh sebuah action. timing yang tepat akan membuat sebuah action tampil meyakinkan. berikut adalah penjelasan singkat tentang animasi yang menggunakan timing yang tepat versus animasi dengan timing yang kurang pas.



Sedangkan spacing berhubungan dengan kecepatan sebuah benda. apakah benda tersebut memiliki kecepatan konstan atau dipercepat atau diperlambat atau kombinasi dipercepat dan diperlambat.
berikut adalah variasi-variasi spacing dalam proses pembuatan animasi.
Gambar 1. Variasi Spacing 
2.     Arcs
Arcs artinya lengkungan. secara umum, di dunia nyata, hampir tidak ada gerakan lurus atau diagonal sempurna. semuanya ada lengkungannya.
Pada kasus bouncing ball across screen, lintasannya akan membentuk lengkungan sebagai berikut
Gambar 2. Lintasan

Gunakan prinsip-prinsip tersebut untuk memaksimalkan hasil animasi kalian.

Langkah Percobaan
Buatlah arc untuk menentukan litasan gerakan kepala

Gambar lingkaran (bentuk kepala) kemudian titik pusat seperti yang telah kita lakukan sebelumnya

Gambar garis bantu untuk menggambar bentuk wajah

Tambahkan aksesoris pada wajah, misalnya mata dan mulut

Tekan play untuk memainkan animasinya

Hasil Percobaan
Percobaan 1
      Dari parcobaan 1, dapat kita amati bahwa terdapat gerakan pada mata, dan mulut. untuk kepala gerakanya membentuk lintasan seperti lintasan "bouncing ball across screen".

Percobaan 2
      Dari parcobaan 2, dapat kita amati bahwa terdapat gerakan pada mata, dan hidung. untuk kepala gerakanya membentuk lintasan seperti lintasan "bouncing ball across screen".

Refisi percobaan 1

Refisi percobaan 2 tanpa leher

Refisi percobaan 2
Kesimpulan
     Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang akan ditampilkan. Dalam membuat animasi diperlukan ketelitian dalam menentukan arah pantulannya.

Referensi
https://www.youtube.com/watch?v=jjNOwsW5XAw


Tidak ada komentar:

Posting Komentar