“BOUNCING BALL MENGGUNAKAN SOFTWARE PENCIL 2D”
Tujuan
Membuat animasi bola memantul seperti berikut
Alat dan Bahan
1. Wacom intuos3
2. Software pencil 2D
Dasar Teori
Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa
sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang akan
ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi
secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan
posisi sebagai makna dari istilah gerakan. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan
sebuah animasi.
Animasi 2D adalah adalah jenis
animasi yang memiliki sifat flat secara visual. Bila dilihat dari teknis
pembuatannya terdapat dua cara, yaitu manual dan komputer. teknik animasi manual atau yang biasa disebut
dengan cell animation adalah teknik animasi yang paling
lama usianya. Teknik animasi ini memungkinan animator untuk membuat gambar pada
lembaran celuloid (lembar trasparan) yang berlapis-lapis. karena kemajuan
teknologi sekarang animator tidak lagi membuat animasi tradisional ini dengan
lembaran celuloid, tapi bisa dengan
menggunakan kertas biasa yang nanti akan di pindai (scan) lalu di warna dengan
menggunakan komputer.
Teknik animasi 2D komputer adalah teknis animasi yang dibuat dengan menggunakan
bantuan komputer (software) dan tetap
mengandalkan kemampuan menggambar lembar demi lembar. Sehingga yang membedakan
antara traditional animation dengan 2D CGI (Computer generated
imagery) adalah medianya.
Langkah Percobaan
- Buka software pencil 2D pada Laptop/PC anda.
- Pada pencil 2D, pilih pencil tool untuk memulai menggambar lingkaran.
- Klik dua kali pada bitmap layer sebagai kertas untuk menggambar sebuah lingkaran
- Kemudian gunakan add frame(+) untuk menambah layer.
- Gambarlah objek berikutnya dibawah objek pertama, agar bola terkesan memantul.
- Lakukan point 5 dan 6 secara berulang hingga bola mencapai dasar.
- Buat garis dengan polyline tool untuk menandakan bola tersebut mencapai dasar.
- Duplikatkan garis tersebut pada setiap frame.
- Kemudian duplikat frame secara berurutan dari frame terakhir, menggunakan button duplicate frame.
- Untuk mengujinya klik loop kemudian klik tombol play. Jika terdapat bayangan saat menguji, silahkan gunakan onion skin previous frame untuk menghilangan bayangan tersebut.
- Untuk mengekspor ke dalam format Flash SWF, Klik menu Export file > FlashSWF> OK
Hasil praktikum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar