Rabu, 03 September 2014

PRAKTIKUM 1

“BOUNCING BALL MENGGUNAKAN SOFTWARE PENCIL 2D”
           
Tujuan
Membuat animasi bola memantul seperti berikut


Alat dan Bahan
      1.      Wacom intuos3
      2.      Software pencil 2D

Dasar Teori
          Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang akan ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan posisi sebagai makna dari istilah gerakan. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi.
            Animasi 2D adalah adalah jenis animasi yang memiliki sifat flat secara visual. Bila dilihat dari teknis pembuatannya terdapat dua cara, yaitu manual dan komputer. teknik animasi manual atau yang biasa disebut dengan cell animation adalah teknik animasi yang paling lama usianya. Teknik animasi ini memungkinan animator untuk membuat gambar pada lembaran celuloid (lembar trasparan) yang berlapis-lapis. karena kemajuan teknologi sekarang animator tidak lagi membuat animasi tradisional ini dengan lembaran celuloid, tapi bisa dengan menggunakan kertas biasa yang nanti akan di pindai (scan) lalu di warna dengan menggunakan komputer.
            Teknik animasi 2D komputer adalah teknis animasi yang dibuat dengan menggunakan bantuan komputer (software) dan tetap mengandalkan kemampuan menggambar lembar demi lembar. Sehingga yang membedakan antara traditional animation dengan 2D CGI (Computer generated imagery) adalah medianya.

      Langkah Percobaan

  1. Buka software pencil 2D pada Laptop/PC anda.
  2. Pada pencil 2D, pilih pencil tool untuk memulai menggambar lingkaran.
  3. Klik dua kali pada bitmap layer sebagai kertas untuk menggambar sebuah lingkaran
  4. Kemudian gunakan add frame(+) untuk menambah layer.
  5. Gambarlah objek berikutnya dibawah objek pertama, agar bola terkesan memantul.
  6. Lakukan point 5 dan 6 secara berulang hingga bola mencapai dasar.
  7.  Buat garis dengan polyline tool untuk menandakan bola tersebut mencapai dasar.
  8.  Duplikatkan garis tersebut pada setiap frame.
  9.  Kemudian duplikat frame secara berurutan dari frame terakhir, menggunakan button duplicate   frame.
  10. Untuk mengujinya klik loop kemudian klik tombol play. Jika terdapat bayangan saat menguji, silahkan gunakan onion skin previous frame untuk menghilangan bayangan tersebut.
  11. Untuk mengekspor ke dalam format Flash SWF, Klik menu Export file > FlashSWF> OK

Hasil praktikum

Praktikum 1. bouncing ball

http://www.youtube.com/watch?v=sAs9v_C9mMA

Referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar