1. Tujuan
Mengenal tata lampu pada media 3D melalui praktek tata lampu 3-point lighting
2. Alat
Blender 2.7+
Cycles Render
Cycles Render
3. Bahan
4. Dasar Teori
A. Lighting Component
Salah satu komponen lighting adalah shadow. Shadow memberi informasi bentuk bagi sebuah objek.
Shadow juga berfungsi sebagai informasi posisi objek terhadap environment.
Penguasaan shadow, akan membantu kita untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Shadow juga berfungsi sebagai informasi posisi objek terhadap environment.
Penguasaan shadow, akan membantu kita untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
B. Lighting Setup
Lighting setup adalah tata lampu yang melibatkan satu atau lebih lampu yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda untuk mencapai tujuan yang sama.
Dalam 3 point lighting, terdapat 3 lampu yang digunakan. Masing-masing lampu tersebut ada yang berfungsi sebagai key light, fill light, dan back light.
fungsi dari masing-masing lampu adalah sebagai berikut:
Dalam 3 point lighting, terdapat 3 lampu yang digunakan. Masing-masing lampu tersebut ada yang berfungsi sebagai key light, fill light, dan back light.
fungsi dari masing-masing lampu adalah sebagai berikut:
- Key light berfungsi sebagai sumber cahaya utama
- Fill light berfungsi untuk membuat shadow dari key light menjadi lebih soft
- Back light berfungsi untuk membuat outline dari objek
Gunakan simulator ini untuk melihat efek dari masing-masing lampu.
secara umum tata lampunya relatif terhadap objek dan kamera adalah sebagai berikut
secara umum tata lampunya relatif terhadap objek dan kamera adalah sebagai berikut
5. Petunjuk Praktikum
6. Kegiatan Praktikum
- Aplikasikan teknik 3 point lighting pada 3D model yang sudah kalian buat sebelumnya.
- Aplikasikan teknik 3 point pada model ben simmond
- Aplikasikan teknik 3 point pada model sintel
7. Hasil Praktikum
- Aplikasikan teknik 3 point lighting pada 3D model yang sudah kalian buat sebelumnya.
2. Aplikasikan teknik 3 point pada model ben simmond
3. Aplikasikan teknik 3 point pada model sintel
8. Kesimpulan
Dari praktikum yang telah kami lakukan, pengalaman yang dapat saya ambil yakni dalam menentukan lighting fill, key, dan back, saya mengalami kesulitan pada saat menentukan back light karena dalam menentukan cahaya diatas kepala dan membuat object terlihat terpisah dengan background itu agak susah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar