Rabu, 08 April 2015







Praktikum 6 – 3D Modeling menggunakan Blender


Tujuan

Membuat model 3D menggunakan modifiers pada Blender

Alat

Blender 2.73a

Bahan

(Tanpa Bahan)

Dasar Teori

Ada banyak bentuk Polygon Modeling, diantaranya:
1. Primitive Modelling
2. Polygon Editing
3. Modifiers

Primitive Modeling

Primitive modeling adalah bentuk teknik modeling paling sederhana dimana komponen yang dimanipulasi/diubah-ubah adalah bentuk-bentuk primitif seperti kubus, silinder, kerucut, torus, dan bola.
berikut adalah contoh primitive modeling.

Polygon Editing

Polygon editing adalah teknik modeling dengan manipulasi polygon. Alat yang biasa digunakan adalah extrude dan loop cut. Selain itu manipulasinya juga dilakukan pada titik(point/vertex), garis(edge), ataupun sisi(face).
berikut adalah contoh polygon editing

Modifiers

Salah satu fasilitas 3D modeling menggunakan blender adalah adanya modifiers. Modifiers merupakan fasilitas untuk membuat sebuah model tanpa harus membuat seluruh polygon yang diperlukan. Beberapa modifiers yang umum digunakan antara lain mirror, subdivision, dan array.
berikut adalah contoh penggunaan subdivision modifier


berikut adalah contoh penggunaan mirror dan array dalam pembuatan kursi


Petunjuk Praktikum

  1. Buatlah Pitcher dan Teko menggunakan subdivion multiplier. Ikuti tutorial berikut untuk contoh pembuatan yang bisa ditiru.
  2. Buatlah Kursi menggunakan mirror dan array seperti tutorial berikut

Hasil Praktikum 

1. Mangkok

2. Pitcher/Jar
3. Ceret/Teko

4. Kursi

Kesimpulan 

     Pada praktikum ini saya membuat 4 benda diantaranya: mangkuk, pitcher, teko, dan kursi. Pada praktikum kali ini saya membuat modelling menggunakan modifier. Pada saat saya membuat kursi menggunakan modifier miror, menerapkan teknik ini lebih mudah daripada teknik sebelumnya.
     Saya juga mengalami kesulitan pada saat membuat leher pitcher dan juga membuat ganggang pitcher terdapat kesulitan pada membuat lekukannya. Pada saat saya akan merekam hasil akhir 360, tidak dapat sudut pada menu view. Setelah saya lihat pada pilihan default ternyata objek saya masih dalam edit mode. Catatan buat saya hari ini bahwa dalam membuat hasil akhir 360 objek harus dalam object mode.
   Pada saat saya membuat mangkuk, pitcher, dan teko saya mengalami kesulitan pada saat memutar objek 360. Saya kesulitan dalam menempatkan poros nya sehingga video yang saya lampirkan seperti itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar