Praktikum 6 – 3D Modeling menggunakan Blender
Tujuan
Membuat model 3D menggunakan modifiers pada Blender
Alat
Blender 2.73a
Bahan
(Tanpa Bahan)
Dasar Teori
Ada banyak bentuk Polygon Modeling, diantaranya:
1. Primitive Modelling
2. Polygon Editing
3. Modifiers
1. Primitive Modelling
2. Polygon Editing
3. Modifiers
Primitive Modeling
Primitive modeling adalah bentuk teknik modeling paling sederhana dimana komponen yang dimanipulasi/diubah-ubah adalah bentuk-bentuk primitif seperti kubus, silinder, kerucut, torus, dan bola.
berikut adalah contoh primitive modeling.
berikut adalah contoh primitive modeling.
Polygon Editing
Polygon editing adalah teknik modeling dengan manipulasi polygon. Alat yang biasa digunakan adalah extrude dan loop cut. Selain itu manipulasinya juga dilakukan pada titik(point/vertex), garis(edge), ataupun sisi(face).
berikut adalah contoh polygon editing
berikut adalah contoh polygon editing
Modifiers
Salah satu fasilitas 3D modeling menggunakan blender adalah adanya modifiers. Modifiers merupakan fasilitas untuk membuat sebuah model tanpa harus membuat seluruh polygon yang diperlukan. Beberapa modifiers yang umum digunakan antara lain mirror, subdivision, dan array.
berikut adalah contoh penggunaan subdivision modifier
berikut adalah contoh penggunaan subdivision modifier
berikut adalah contoh penggunaan mirror dan array dalam pembuatan kursi
Petunjuk Praktikum
- Buatlah Pitcher dan Teko menggunakan subdivion multiplier. Ikuti tutorial berikut untuk contoh pembuatan yang bisa ditiru.
- Buatlah Kursi menggunakan mirror dan array seperti tutorial berikut
Hasil Praktikum
1. Mangkok
2. Pitcher/Jar
3. Ceret/Teko
4. Kursi
2. Pitcher/Jar
4. Kursi
Kesimpulan
Pada praktikum ini saya membuat 4 benda diantaranya: mangkuk, pitcher, teko, dan kursi. Pada praktikum kali ini saya membuat modelling menggunakan modifier. Pada saat saya membuat kursi menggunakan modifier miror, menerapkan teknik ini lebih mudah daripada teknik sebelumnya.
Saya juga mengalami kesulitan pada saat membuat leher pitcher dan juga membuat ganggang pitcher terdapat kesulitan pada membuat lekukannya. Pada saat saya akan merekam hasil akhir 360, tidak dapat sudut pada menu view. Setelah saya lihat pada pilihan default ternyata objek saya masih dalam edit mode. Catatan buat saya hari ini bahwa dalam membuat hasil akhir 360 objek harus dalam object mode.
Pada saat saya membuat mangkuk, pitcher, dan teko saya mengalami kesulitan pada saat memutar objek 360. Saya kesulitan dalam menempatkan poros nya sehingga video yang saya lampirkan seperti itu.
Saya juga mengalami kesulitan pada saat membuat leher pitcher dan juga membuat ganggang pitcher terdapat kesulitan pada membuat lekukannya. Pada saat saya akan merekam hasil akhir 360, tidak dapat sudut pada menu view. Setelah saya lihat pada pilihan default ternyata objek saya masih dalam edit mode. Catatan buat saya hari ini bahwa dalam membuat hasil akhir 360 objek harus dalam object mode.
Pada saat saya membuat mangkuk, pitcher, dan teko saya mengalami kesulitan pada saat memutar objek 360. Saya kesulitan dalam menempatkan poros nya sehingga video yang saya lampirkan seperti itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar