Rabu, 01 April 2015



Praktikum 5 – Polygon Modelling


Tujuan

Membuat model 3D menggunakan teknik Polygon Modelling

Alat

Blender 2.73a

Bahan

(Tanpa Bahan)

Dasar Teori

Ada banyak teknik 3D modeling, diantaranya:
1. Polygon Modelling
2. Sculpting

Polygon Modeling

polygon modeling menggunakan polygon sebagai bentuk dasar untuk pembuatan model 3D. Seperti pada referensi ini. Pada referensi tersebut, kegiatan modeling dimulai dengan memilih primitive. Bisa disebut juga primitive modeling. Primitive modeling biasanya dilanjutkan dengan polygon editing. Dalam blender, biasa disebut dengan Edit Mode atau shortcut-nya tombolTAB.

Sculpting

Sculpting menggunakan pendekatan artist lilin/malam untuk setiap menu yang disediakan oleh softwarenya.

Petunjuk Praktikum

  1. Membuat kursi menggunakan primitive only
  2. Membuat kursi menggunakan polygon editing dengan pendekatan additive modeling
  3. Membuat kursi menggunakan teknik polygon editing dengan pendekatan subtractive modeling
    https://www.youtube.com/watch?v=kOV6y1NBOO4
  4. Membuat meja dengan kombinasi pendekatan additive dan subtractive
  5. Membuat kursi versi 2 dengan teknik polygon editing


Hasil Praktikum 

1. Praktikum membuat kursi primitive only



2. Praktikum membuat kursi additive polygon modelling
3. Membuat kursi menggunakan teknik polygon editing dengan pendekatan subtractive modeling
4. Membuat meja dengan kombinasi pendekatan additive dan subtractive
5. Membuat kursi versi 2 dengan teknik polygon editing

Buat 3D model dari gambar referensi berikut kemudian embed-kan 360 turn table-nya pada blog masing-masing.

Kesimpulan

Pada praktikum ini dapat disimpulkan bahwa dalam membuat sebuah objek kita dapat melakukan dengan berbagai cara namun pada praktikum ini saya mengalami kesulitan untuk membedakan tampilan view. Menurut saya cara yang paling cepat dapat dilakukan dengan editing additive polygon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar