Rabu, 13 Mei 2015




Prak 10 – Walk Cycle


1. Tujuan

Membuat animasi walk cycle

2. Alat

Blender 2.6+

3. Bahan




biped-rig
Biped rig by nathan vegdal

4. Dasar Teori

A. Walk Cycle Pose

Sebuah walk cycle dapat disusun dengan mengikuti acuan pose-pose berikut



walk-cycle-poses
Walk cycle poses

B. Biped Rig by Nathan Vegdal

Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang biped rig yang akan digunakan, diantaranya meliputi setting IK dan FK, cara penggunakan IK pada kaki untuk mengatur pose kaki.

C. Blender Dope Sheet Editor

Blender dopesheet editor digunakan untuk melihat property apa saja yang terpengaruh oleh sebuah keyframe.



dopesheet-editor
Dopesheet Editor

C. Blender Graph Editor

Graph editor merupakan editor untuk memanipulasi spacing antar keyframe. Digunakan untuk mengimplementasikan ease in, ease out, dan constant movement.



graph-editor
Graph Editor

D. Motion Paths

Motion path merupakan menu untuk menvisualkan kalkulasi gerakan yang dilakukan oleh blender. Salah satu kegunaan alat ini adalah untuk mengecek arcs dari sebuah gerak animasi.



cube-motion-path
Cube with motion path

5. Petunjuk Praktikum

  1. Gunakan Dope sheet editor untuk mengatur timing
  2. Gunakan Graph editor untuk mengatur spacing
  3. Gunakan Motion path untuk mengevaluasi arcs dan spacing

6. Latihan Praktikum

Lakukanlah latihan-latihan berikut ini:
  1. Buatlah walk cycle sederhana dengan menggunakan extreme position dan passing position.
  2. Modifikasi walk cycle sederhana tersebut dengan menambahkan up position dan down position.
  3. Modifikasi walk cycle tersebut dengan menambahkan gerak naik turun bahu dan pinggul.

7. Hasil Praktikum

  1. Latihan walk cycle sederhana dengan menggunakan extreme position dan passing position.

2. Modifikasi walk cycle sederhana tersebut dengan menambahkan up position dan down position.

8. Kesimpulan 

Dalam melakukan latihan 1 untuk membuat walk cycle sederhana dengan menggunakan extreme position dan passing possition disini saya mempelajari bahwa ketika melakukan perubahan pada kaki kanan atau kiri kita dapat mengatur pada warna merah sedangkan pada lingkaran biru tidak dapat di diubah karena pada bagian atas objek dalam kondisi maksimal. Sedangkan dalam copy frame 1 dapat di paste pada frame 12 dengan paste miror dan pada frame 24 hanya dengan pilih paste. Dan dalam walk cycle sederhana ini kondisi objek yang berjalan masih jelek, berjalannya seperti kondisi lantainya melengkung.

9. Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar